Phone : (0274) 884410 | Email : info@aryagunaputra.com

Home > Profile

Picture1Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa (DIY) setingkat Provinsi di Indonesia yang meliputi Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2. Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa (DIY) setingkat Provinsi di Indonesia yang meliputi Negara Kesultanan Yogyakarta dan [Negara] Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini terdiri atas satu kota dan empat kabupaten, yang terbagi lagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Menurut sensus penduduk 2010 memiliki jumlah penduduk 3.452.390 jiwa dengan proporsi 1.705.404 laki-laki dan 1.746.986 perempuan, serta memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.084 jiwa per km2.

Bisnis Properti di Yogjakarta sendiri diawali sekitar tahun 1997, Dimana di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk pertama kalinya dibangun sebuah kawasan perumahan elite yang berlokasi di Yogyakarta bagian Utara, yaitu Perumahan MERAPI VIEW, yang memberikan citra eksotisme pemandangan puncak Gunung Merapi sebagai back ground kawasan perumahan tersebut. Pada saat itu, harga yang dipasarkan untuk setiap rumah di kawasan Perumahan MERAPI VIEW merupakan harga yang sangat fantastis untuk sebuah rumah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu lebih dari 1 Milyar Rupiah, yang ternyata mendapatkan respons pasar yang sangat positif dari pembeli-pembeli yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini terbukti dengan hanya dalam waktu relatif singkat setelah acara lounching produk, kurang lebih sebanyak 50% dari total jumlah rumah yang tersedia di kawasan tersebut telah laku terjual. Tentu saja salah satu faktor yang menunjang keberhasilan penjualan pada saat itu adalah Yogyakarta merupakan kota yang kondusif dan nyaman untuk tempat tinggal ditunjang dengan mulai dibukanya akses jalan lingkar Yogyakarta atau yang dikenal dengan istilah Ring Road Yogyakarta, yang memberikan akses kemudahan transportasi dari Kota Yogyakarta sebagai pusat perkembangan wilayah menuju Kabupaten-Kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dan demikian juga sebaliknya. Melihat fenomena tersebut, maka Bapak Ari Gunawan Sutoyo, SE bekerja sama dengan rekan-rekan lain mulai mencoba membuka peruntungan dengan usaha memasarkan produk rumah lepas, 1 hingga 3 unit rumah yang berlokasi disekitar Ring Road Yogyakarta bagian Utara, dan dilanjutkan di lokasi-lokasi lain disekitarnya.

 

Picture9 Picture7 Picture8

 

Pada perkembangannya, sejak tahun 1997 hingga sekitar tahun 2005, terjadi booming perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang usaha perumahan atau developer di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang ditandai dengan terus bermunculannya wilayah-wilayah pemukiman baru sebagai hunian masyarakat di berbagai wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Yang paling pesat pertumbuhannya adalah di wilayah Kota Yogyakarta bagian Utara dan wilayah Kabupaten Sleman bagian Selatan, dimana di kedua wilayah tersebut, pada saat itu semakin berkembang dengan banyak dibangunnya sarana dan prasarana umum oleh pihak pemerintah maupun swasta, yang memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup masyarakat. Juga semakin berkembangnya beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta Pada sisi lainnya, rumah sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, juga telah mengalami perkembangan fungsi dan kepentingannya. Rumah bukan hanya sekedar sebagai hunian atau tempat istirahat bagi masyarakat yang memasuki masa pensiun, yang membutuhkan kenyamanan, tetapi juga sebagai lahan investasi, peningkatan prestise dan lain sebagainya. Berbagai macam motivasi untuk memiliki rumah mungkin tidak dapat dipenuhi oleh satu jenis atau satu bentuk rumah saja, sehingga hal tersebut merupakan peluang bagi pengembang atau developer, khususnya untuk produk perumahan, untuk menawarkan berbagai macam model dan type rumah yang beragam, cantik juga elegan, maupun pilihan lokasi strategis, di lingkungan kota, dekat kota, pinggiran kota, dekat dengan akses keramaian dan berbagai alternatif pilihan lokasi lainnya Aryaguna Putra merupakan Perusahaan pengembang perumahan di Yogyakarta, yang bergerak di bidang Developer, Consultant, Properti dan Investment. Usaha ini mulai dirintis oleh Bapak Ari Gunawan Sutoyo, SE, sejak 07 Oktober 2005. Berawal dari usaha mengelola, memasarkan, dan memproduksi rumah secara retail (membangun 1 s/d 3 unit rumah). Dan saat ini telah mulai mengelola, memproduksi dan memasarkan produk perumahan berupa kawasan perumahan.

News